Satgas Bina Marga Kecamatan Senen Kuras Tali Air

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Satgas Sudin Bina Marga membersihkan tali-tali air. Foto: pusat.jakarta.go.id

Satuan Tugas (Satgas) Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Kecamatan Senen melakukan pengurasan atau pembersihan tali-tali air di lima titik, guna mengantisipasi genangan air di badan jalan yang menuju saluran.

Koordinator Satgas Sudin Bina Marga Kecamatan Senen Tri Sutrisno mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengurasan atau pembersihan tali-tali air di lima titik kawasan yakni, di Jalan Senen Raya, Kramat Raya, Kramat Bunder, Simpang Lima Senen, dan Jalan Kwitang Raya.

"Tali-tali air yang tersumbat akibat sampah daun dan endapan tanah atau pasir kita bersihkan, agar jika hujan lebat air dari badan jalan mengalir lancar menuju saluran," kata Tri saat dikonfirmasi, Selasa (19/10).

Tri menjelaskan, untuk membersihkan sampah yang menyumbat di mulut tali-tali air, pihaknya mengerahkan 12 personil Satgas Kecamatan Senen dengan menggunakan alat manual seperti sapu, sekop semen, dan karung.

"Selain membersihkan sampah dari mulut tali-tali air juga merapihkan kastin yang rusak atau bergeser," ungkapnya.

Tri menambahkan, sampah hasil dari pembersihan tersebut dimasukan kekarung dan diangkut dengan kendaraan dinas operasional Bina Marga.

"Satgas Sudin Bina Marga selalu keliling wilayah baik dalam keadaan hujan maupun tidak hujan, bila ada tali-tali air yang tersumbat langsung dibersihkan,” tandasnya.