SDA DKI Jakarta Buat Sumur Resapan di Jalan Letjen Suprapto

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Pembuatan sumur resapan di Jalan Letjen Suprapto, tepatnya depan ITC Cempaka Mas, Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta saat ini sedang melakukan pembuatan sumur resapan di Jalan Letjen Suprapto, tepatnya depan ITC Cempaka Mas, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Staf Seksi Geologi dan Konservasi Air Baku dan Air Bersih Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Muliati mengatakan, sumur resapan dibangun untuk mengantisipasi atau mengurangi debit air di badan jalan saat hujan. Selain itu juga berfungsi untuk mengembalikan air tanah yang digunakan oleh warga sekitar.

"Ada 43 sumur resapan yang dibangun di kawasan tersebut, dengan kedalaman 3,3 meter dan diameter 1,2 meter. Bagian bawah sumur resapan diletakan batu kali dan diberi ijuk, dengan jarak antar sumur 3 meter," kata Muliati di lokasi pembuatan sumur resapan, Senin (8/11).

Ia mengungkapkan, pembangunan sumur resapan dilakukan oleh pihak ketiga dengan menggunakan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Pembangunan sumur resapan ini sudah berlangsung sejak kemarin dan pada akhir November 2021 ditargetkan selesai.

“Mudah-mudahan dengan dibangunnya sumur resapan sebanyak mungkin di wilayah DKI Jakarta dapat mengembalikan kelestarian alam,” harapnya.