Secara Door to Door Lurah Kebon Melati Jaring Warga Ikut Vaksin Covid-19

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Guna menjaring vaksinasi warga yang belum tervaksin, Lurah Kebon Melati Winetrin melakukan vaksinasi Covid-19 secara door to door (pintu ke pintu) rumah warga.

Menurutnya, kegiatan vaksinasi di wilayahnya sudah dilakukan sejak Senin (15/11) hingga Jumat (19/11). Ia menilai, vaksinasi secara door to door ini jauh lebih efektif menjangkau warga dibandingkan membuka posko vaksinasi di tingkat RW misalnya. Sebab, yang terjangkau hanya warga yang terdekat dengan posko vaksinasi.

“Kita jemput gitu, mereka tidak perlu repot ganti baju dan lumayan ya hasilnya. Data terakhir sudah tercapai 73,56% dan ini masih terus meningkat angkanya,” ungkapnya usai melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di RW 05, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (19/11).

Winetrin mengatakan, fokus vaksinasi door to door ini dilakukan di RW 12 di mana di RW tersebut masih cukup banyak warga yang belum tervaksin. Sementara sasaran vaksinasi usia 12 tahun ke atas.

Berdasarkan pemantauannya, warga yang sebelumnya menolak justru melakukan vaksinasi karena dilakukan secara door to door.

“Setelah kita edukasi, kita tungguin ayo bareng-bareng akhirnya mereka mau. Cuma ada beberapa yang memiliki keyakinan berbeda terkait vaksin dan kita tidak bisa memaksa,” jelasnya.

Winetrin menambahkan, ke depannya tengah mempertimbangkan melakukan vaksinasi secara door to door kembali. "Setelah RW 12 kemungkinan akan melakukan vaksinasi door to door ke RW 17," tandasnya.