Sejak Januari Hingga Pertengahan Mei, 350 Pohon Telah Dipangkas

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Petugas Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Kemayoran memangkas pohon rawan tumbang. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sejak Januari hingga pertengahan Mei 2021, Satuan Tugas (Satgas) Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Kemayoran telah memangkas 350 pohon yang tersebar di enam wilayah kelurahan.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Senen Demak Debataraja mengatakan, pemangkasan dilakukan guna mengantisipasi pohon tumbang, mengingat cuaca saat ini tidak menentu kadang tiba-tiba hujan deras disertai anging kencang.

"Penopingan dilakukan atas dasar hasil pemantauan petugas yang melihat kondisi pohon rawan tumbang serta menindaklanjut laporan warga melalu Qlue CRM," kata Demak saat dikonfirmasi, Jumat (21/5).

Dia mengungkapkan, dari periode Januari hingga pertengan Mei 2021, penopingan pohon di wilayah Kecamatan Senen mencapai 350 pohon dari berbagai jenis pohon seperti, pohon Angsana, pohon Ketapang Kencana, pohon Tanjung, pohon Beringin, pohon Patah Tabebuya, pohon Mangga, pohon Bogenville, Flamboyan, Kedondong dan pohon Asem Kranji.

"Pemangkasan pohon selain untuk mengantisipasi tumbangnya pohon, juga untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang lewat," jelas Demak.

Menurutnya, pemangkasan pohon juga dilakukan karena pohon sudah tua, sudah banyak yang kering, sakit, serta pohonnya terlalu rimbun, dan lain sebagainya.

"Kami siagakan tujuh hingga 14 petugas untuk melakukan pemangkasan, tinggal lihat kondisi di lapangan saja," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day