Sekko Jakpus Tinjau Kegiatan PSN di Duri Pulo

Reporter: Nelly | Editor: Adam

Foto : Magfirotunnisa

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus), Iqbal Akbarrudin mengadakan peninjauan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RW 04 Kelurahan Duri Pulo, Jumat (10/12).

Dalam kesempatan itu, Iqbal mengatakan, kegiatan pemantauan PSN merupakan antisipasi penyakit demam berdarah dengue (DBD) saat musim hujan. Menurutnya, kondisi wilayah Jakpus yang saat ini memasuki musim penghujan, kemungkinan diiringi juga dengan berbagai dampak penyakit termasuk penyakit DBD.

“Kondisi saat ini bukan hanya nyamuk aides aegypty, namun juga nyamuk jenis lainnya. Makanya hari ini kita upayakan gerebek sarang nyamuk (PSN),” ungkapnya didampingi Camat Gambir, Fauzi.

Iqbal mengatakan, PSN dilakukan setiap Jumat. Namun, warga RW 04 Kelurahan Duri Pulo sepakat melakukan kegiatan PSN setiap hari. Hal ini dilakukan, agar jangan sampai ada tempat perkembangbiakan nyamuk di lingkungan tersebut.

“Kalau ada yang terkena DBD bukan hanya satu penghuni rumah saja, tetapi juga seluruh warga di lingkungan juga terkena,” lanjutnya.

Sejauh ini, lanjut Iqbal, belum ada kasus DBD yang terjadi di RW 04 tersebut. Meski demikian, pihaknya tetap memberikan arahan pada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan “Kita datangi dan cek, tiap kita lihat tempat berpotensi menjadi sarang nyamuk. Namun sepanjang jalan kita tidak temukan sarang nyamuk,” tandasnya.

Terkait kesiapan fasilitas kesehatan (faskes) dalam menangani kasus DBD di wilayah tersebut, Iqbal menegaskan, seluruh faskes di wilayah Kecamatan Gambir maupun tingkat kota siap melakukan penanganan.

Kominfotik JP/NEL