Sekko Minta Pengolahan Kearsipan Manfaatkan Teknologi

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin (memakai masker berwana oranye). Foto: Cindy

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Iqbal Akbarudin meminta pengolahan kearsipan di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) dapat manfaatkan teknologi Informasi.

Hal ini diungkapkannya saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) Penggunaan Arsip Dinamis, di Ruang Rapat Sekko I, Lantai 2, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (21/9).

Iqbal mengatakan, semua kegiatan yang dilakukan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di wilayah Jakpus tidak terlepas dari arsip. Sebab kegiatan tersebut yang direkam melalui berbagai media tentunya akan menjadi arsip SKPD bersangkutan yang ke depannya akan berguna.

“Kegiatan kita tidak terlepas dari arsip, setelah acara ini juga bikin arsip. Apalagi sekarang perkembangan teknologi informasi mendukung. Kegiatan yang kita rekam dalam bentuk media itulah yang jadi arsip kita,” ungkapnya.

Iqbal juga menekankan, ke depannya jajaran SKPD harus memanfaatkan teknologi informasi dalam mengelola arsip dinamis. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur yang ada di smartphone.

Pengolahan arsip dinamis ini, menurutnya, sangat diperlukan ke depannya. “Teknologi informasi ini yang kita manfaatkan, kita efektivitaskan untuk pengelolan arsip di Pemkot Jakpus. Agar penanganan arsip di Jakpus kita lakukan secara optimal, tepat sasaran, tepat guna, dan tepat manfaat,” jelasnya.

Selain itu, Iqbal juga mengharapkan dengan adanya bimtek penggunaan arsip dinamis ini dapat mewujudkan sistem pengolahan arsip yang tertib, teratur diseluruh SKPD Pemkot Administrasi Jakarta Pusat.