Sekko: Sampah Plastik Rumah Tangga Bisa Bermanfaat

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Iqbal Akbarudin menilai pengelolaan sampah plastik yang dilakukan plasticpay membuat sampah plastik yang tidak berguna menjadi bermanfaat (from useless to be usefull).

Hal ini diungkapkannya saat mengelar audiensi secara virtual dengan Yayasan Berani Jaga Bumi dan Plasticpay, di Ruang Rapat I Sekko, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (23/8).

Iqbal mengatakan, keberadaan plasticpay dan yayasan berani jaga bumi sejalan dengan ajakan Gubernur DKI Jakarta untuk mengurangi sampah di lingkungan. Dengan adanya plasticpay dapat menjadikan barang-barang sampah bisa dimanfaatkan menjadi produk yang bisa menghasilkan peluang untuk menambah kesejahteraan individu dan keluarga.

"Ini beneran useless jadi usefull banyak yang bisa dimanfaatkan dari pada disimpan di rumah sampah plastiknya. Ini peluang buat kita semakin paham sampah plastik yang dihasilkan rumah tangga bisa bermanfaat, " ungkapnya.

Sementara itu, CEO Plasticpay Suhendra Setiadi menjelaskan, konsep dari Perusahaan Plasticpay yang dirintisnya merupakan platform sosial berbasis digital. Di mana pihaknya mengajak masyarakat menukarkan sampah botol plastik ke gerai-gerai plasticpay untuk ditukarkan menjadi poin. Poin ini bisa digunakan warga untuk berbelanja.

"Plasticpay mengedukasi masyarakat mengumpulkan sampah botol plastik secara digital untuk didaur ulang menjadi bahan polyester yang dapat dijadikan tas, sajadah, bantal dan produk upcycle. Selain itu, mendukung green ekonomi, dan perubahan perilaku masyarakat dalam mengurangi sampah," tandasnya.