Sistem OSS Diresmikan, Irwandi: Masyarakat Harus Dipandu

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengikuti peresmian peluncuran Sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko. Foto: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengikuti peresmian peluncuran Sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko yang dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, di Ruang Rapat Wakil Walikota, kantor wali kota setempat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (9/8).

Sistem OSS ini diharapkan mampu mempermudah sistem perijinan untuk berusaha di Indonesia baik pusat maupun daerah.

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, mengenai Sistem OSS Berbasis Resiko ini masyarakat harus dipandu ketika memasuki oss.go.id.

“Mengenai OSS ini masyarakat harus dipandu karena tidak semuanya bisa melakukan perizinan usaha melalui online,” katanya.

Untuk itu, pada peresmian sistem OSS tersebut Presiden, lanjut Irwandi, meminta agar seluruh gubernur, bupati, dan wali kota bisa mensosialisasikan kepada warganya.

“Kita berharap di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) harus bisa mereformasi agar sistem OSS ini segera berjalan,” tuturnya.

“PTSP yang ada di tingkat kota, kelurahan, dan kecamatan harus segera melakukan sosialisasi terkait OSS kepada para UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah),” imbuhnya.