Sudin Bina Marga Rampungkan Pembangunan Trotoar Sisi Utara Jalan Raden Saleh

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Sisi Utara Jalan Raden Saleh, Cikini, Menteng. Foto: pusat.jakarta.go.idPusat

Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) tengah merampungkan pembangunan trotoar, di sisi utara Jalan Raden Saleh, Cikini, Menteng.

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Pusat Yudha Catur Suhartanto menerangkan, pembangunan trotoar di Jalan Raden Saleh sepanjang 1 km dengan kisaran lebar 3-5 meter ini sudah dilakukan sejak 30 Juli lalu.

Menurutnya pembangunan dilakukan guna menghubungkan penataan trotoar yang sudah dilakukan sebelumnya di kawasan Cikini dan Kramat Salemba. Selain itu, pembangunan trotar ini juga dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki yang banyak melintasi kawasan tersebut.

"Trotoar ini menghubungkan trotoar Cikini yang sudah tertata rapi dengan Salemba. Jadi pejalan kaki yang banyak melintas di Jalan Raden Saleh ke depannya akan jauh lebih nyaman," ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (22/9).

Untuk menambah kenyamanan para pejalan kaki, Yudha mengungkapkan, pengerjaan trotoar tersebut sudah mengedepankan berbagai aspek pedestrian. Mulai dari material yang digunakan untuk pembangunan trotoar, serta pemandu jalan bagi difabel. Serta fasilitas zebra cross yang lebih nyaman.

"Kita juga sudah siapkan setting run untuk jalur zebra crossnya supaya steril tidak terhalang tiang maupun tanaman," ungkapnya.

Yudha mengatakan saat ini proses pembangunan masih berlangsung. Ia menargetkan pembangunan trotoar ini akan rampung seluruhnya pada 30 November 2021 mendatang. Setelah pembangunan trotoar sisi utara Jalan Raden Saleh rampung, tahun depan akan dilanjutkan dengan pembangunan trotoar di sisi selatan Jalan Raden Saleh.

"Harusnya tahun ini di dua sisi, namun terkendala anggaran. Tahun depan sisi selatan," tandasnya.