Sudin Gulkarmat Jakpus Gelar Sosialisasi Pencegahan Kebakaran di Delapan Sektor Kecamatan

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Ilustrasi. Foto: pusat.jalarta.go.id (foto dokumentasi diambil jauh sebelum pandemi Covid-19)

Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar sosialisasi pencegahan kebakaran dan edukasi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kasudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan, sosialisasi pencegahan kebakaran rutin digelar di delapan sektor kecamatan.

Menurutnya, sosialisasi ini dilakukan petugas yang ada di delapan sektor dengan mengendarai sepeda motor sambil berkeliling mengunakan pengeras suara memberikan informasi dan sosialisasi pada warga di pemukiman padat penduduk.

Sosialisasi serupa juga digelar melalui pengeras suara musala atau masjid di pemukiman rawan kebakaran.

“Setiap sore petugas keliling mengunakan motor dan toa ke pemukiman padat penduduk untuk sosialisasi pencegahan kebakaran,” ungkapnya, saat dikonfirmasi, Rabu (2/6).

Selain itu, lanjut Asril, sosialisasi pencegahan kebakaran juga disertai edukasi protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid- 19.

Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan di pemukiman warga dan kantor pelayanan pemerintah bila ditemukan pertambahan kasus baru Covid-19.

"Kami sudah menggelar sosialisasi pencegahan kebakaran dan Covid-19 sejak beberapa bulan lalu hingga saat ini mencapai sekitar 1.200 titik," terangnya.

“Kita juga didukung 780 petugas yang bertugas di 26 pos pemadam yang tersebar di delapan sektor. Ratusan personil ini dibagi menjadi tiga shift kerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama 24 jam," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL