Sudin KPKP Gelar Vaksinasi Rabies di Kelurahan Utan Panjang

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sudin KPKP Administrasi Jakarta Pusat menggelar vaksinasi di halaman Kantor Kelurahan Utan Panjang. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar vaksinasi gratis bagi para pemilik Hewan Penular Rabies (HPR) di halaman Kantor Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Senin (15/11).

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penti Yunesi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi rabies ini dilakukan dalam rangka DKI Jakarta pada tahun 2022 bebas rabies.

Penti menambahkan bahwa ada syarat hewan yang akan divaksinasi rabies dalam kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit seperti flu atau pun berkutu.

"Sejauh ini kita sudah melakukan 4.500 hewan peliharaan yang sudah tervaksinasi dengan target 5000 hewan untuk tahun ini. Walaupun di tengah pandemi Covid-19 kita tetap optimis dengan memberikan imbauan dan informasi kepada masyarakat melalui sosial media Sudin KPKP Kota Administrasi Jakpus dan melakukan kolaborasi-kolaborasi terkait vaksinasi rabies," jelasnya.

"Sebanyak 43 ekor hari ini sudah tervaksinasi rabies terdiri dari anjing satu ekor dan kucing 42 ekor. Saya juga berharap agar masyarakat lebih peduli terhadap hewan peliharaannya dengan melakukan vaksinasi rabies," imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Utan Panjang Amadeo mengaku senang dengan adanya pelaksanan vaksinasi HPR di wilayahnya sehingga pemilik hewan peliharaan bisa terbebas dari penyakit rabies.

“Alhamdulilah sangat senang dengan hadirnya vaksinasi di Kelurahan Utan Panjang sehingga hewan peliharaan yang ada di wilayahnya bisa terbebas dari penyakit rabies," tandasnya.