Sudin KPKP Jakpus Uji Produk Pangan di Lima Pasar

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan pengujian sempel pangan segar. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan pengujian terhadap produk pangan segar di empat Pasar Tradisional dan satu Pasar Swalayan, Jumat (26/3).

Kepala Seksi Pertanian Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Astri Ilhamsyah menerangkan ada empat pasar tradisional yang diambil sample produk pangan segar untuk dilakukan uji laboratorium di antaranya, Pasar Sumur Batu, Pasar Gardu Asem, Pasar Serdang, Pasar Nangka Bungur, dan Carrefour ITC Cempaka Mas. 

"Dari masing-masing pasar kita ambil 24  sample bahan pangan segar seperti, sayuran, buah, dan beras untuk diuji," ungkapnya. L

Pengujian ini, lanjutnya, terkait dengan kandungan pestisida pada kelompok sayuran, formalin pada buah, dan pewarna pada beras. Dari hasil pengujian yang dilakukan, diketahui seluruh produk pangan di lima lokasi tersebut aman dikonsumsi.

"Ada 116 sampel dari lima pasar yang diuji, semuanya aman tidak ditemukan kandungan pestisida, formalin maupun pemutih pada beras," paparnya.

Ilhamsyah mengatakan pengujian ini dalam rangka memberikan rasa aman untuk masyarakat. Kegiatan pengujian ini akan dilakukan berkelanjutan selama satu tahun ke depan.

"Tahun ini ada 18 kali pengujian, ini yang kedua," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL