Sudin Nakertrans Siapkan 3.463 Lowongan Kerja

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Job fair di lantai 2 pusat perbelanjaan Ratu Plaza, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas (Sudin) Tenaga Kerja Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat menyelenggarakan job fair atau bursa kerja terbuka pada tanggal 6-7 Desember 2021, di lantai 2 pusat perbelanjaan Ratu Plaza, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut sebanyak 50 perusahaan bergabung untuk memberikan kesempatan kepada pencari kerja yang memiliki KTP Jakarta Pusat.

"Latar belakang kegiatan ini yaitu masih sama, pengangguran yang terjadi di Provinsi DKI Jakarta selama ini disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara peluang kerja dengan pencari kerja. Sehingga kami mengambil sebuah program untuk mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja," ujar Kasudin Nakertrans dan Energi Kota Administrasi Jakarta Pusat Fidiyah Rokhim di lokasi, Senin (6/12).

Kemudian Fidiyah melanjutkan, lowongan yang tersedia dari 50 perusahaan ini berjumlah 3.463 lowongan kerja dengan berbagai posisi.

"Mudah-mudahan bagi pencari kerja bisa mengambil posisi yang sesuai, sehingga perusahaan juga mendapatkan pencari kerja yang bermutu dan sesuai harapan," katanya.

Selain itu, jelas Fidiyah, dalam acara job fair ini juga menghadirkan 10 binaan Jakprenuer Sudin Nakertrans dan Energi dari masing-masing wilayah di Jakarta Pusat, agar mendapatkan calon pembeli, memperkenalkan brand produk UKM kepada masyarakat, dan para pencari kerja dapat belajar dari Jakprenuer secara langsung. Sekaligus memberikan pilihan untuk pencari kerja dengan bekerja di perusahaan atau menjadi wirausaha.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting dalam tinjauannya juga mengucapkan terima kasih kepada Sudin Nakertrans yang telah mengadakan kegiatan bursa kerja ini.

“Saya mengimbau kepada warga yang membutuhkan pekerjaan agar segera ikut mendaftarkan diri untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian di bidang masing-masing,” tuturnya. 

Untuk diketahui, kegiatan bursa kerja ini diadakan dalam enam sesi perhari dengan target 1.800 pencari kerja selama dua hari. Para pencari kerja yang hadir tidak perlu membawa berkas lamaran fisik karena masing masing perusahaan menyediakan fitur scan barcode untuk pengiriman berkas lamaran kerja.