Sudin PPAPP Jakpus Siapkan Pelatihan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi kader Dasawisma. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas (Sudin) Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) tengah mempersiapkan pelatihan berjenjang bagi para kader Dasawisma untuk pendataan keluarga 2021.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Sudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat Bangun Manalu menerangkan, pelatihan bagi kader Dasawisma ini dilakukan berjenjang mulai dari bulan Mei hingga Juni 2021.

Bangun menjelaskan, pelatihan jenjang pertama dilakukan untuk para Training of Trainee (TOT), kemudian fasolitator 75 angkatan se-DKI Jakarta. Sementara pelatihan untuk para kader Dasawisma masih menunggu Jadwal selanjutnya.

"Untuk orientasi bagi kader Dasawisma di 276 kelurahan masih menunggu jadwal dari Dinas PPAPP. Nantinya semua pelatihan dilakukann secara zoom atau virtual," terangnya saat dikonfirmasi, Selasa (22/6).

Bangun menuturkan, ke depan pendataan keluarga yang dilakukan para kader Dasawisma di tiap kelurahan akan dilakukan pemutakhiran data per-tahun. Sehingga, akan ada perubahan variabel pertanyaan untuk pendataan keluarga di tahun 2021 dibandingkan tahun 2020 lalu.

"Akan ada penambahan variabel pertanyaan di tahun ini dari sebelumnya. Jika di tahun 2020 ada 196 pertanyaan, tahun ini ada 235 pertanyaan," jelasnya.

Terkait kapan pelaksanaan pendataan keluarga tahun 2021, Bangun mengatakan, masih menunggu arahan dari Dinas PPAPP.

"Untuk kapan pelaksananya kita masih menunggu info dari Kadis PPAPP," tandasnya.