Sudinkes Jakpus Jemput Bola Tes Antigen Gratis di Delapan Kecamatan

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Erizon Safari. Foto: As

Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat melalui Tim Puskesmas kecamatan menggelar layanan jemput bola bagi pemudik untuk menjalani tes antigen.

Kasudinkes Kota Administrasi Jakarta Pusat Erizon Safari mengatakan, pemeriksaan tes antigen ditangani tim Covid-19 Puskesmas kecamatan yang berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Tim Puskesmas kecamatan menggelar layanan jemput bola di delapan wilayah bersama lurah, RT/ RW dan kader Dasa Wisma untuk melakukan pemeriksaan tes Covid-19 bagi warga yang baru kembali dari kampung halaman usai libur Idulfitri," ujar Erizon saat dikonfirmasi, Selasa (18/5).

Dia menjelaskan, pemeriksaan dilakukan guna memastikan warga yang kembali ke Jakarta Pusat tidak terpapar Covid-19.

Menurut Erizon, bila hasil pemeriksaan tes antigen diketahui reaktif, dilanjutkan ke tes swab PCR untuk memastikan apakah warga yang kembali dari kampung halaman  positif atau negatif.

Erizon juga memastikan ketersediaan alat rapid antigen di delapan Puskesmas kecamatan memadai untuk layanan jemput bola yang digelar hingga akhir Mei 2021.

"Jumlah sekitar 1.200 alat rapid antigen di setiap Puskesmas kecamatan dan dapat berubah sesuai kebutuhan," paparnya.

Erizon menambahkan, pemudik baru kembali yang diketahui positif terpapar Covid-19 akan langsung dibawa ke RS Wisma Atlet atau rumah sakit untuk menjalani perawatan.

"Selanjutnya tim Gugus Tugas Covid-19 tingkat kecamatan melakukan tracing jika ditemukan kasus positif warga yang baru kembali dari kampung," tandasnya.

 

Kominfotik JP/As