Tahun Ini, Baznas Bazis Jakpus Targetkan Penerimaan Dana ZIS Sebesar 15 Miliar

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Kegiatan peningkatan penerimaan Zakat, Infaq, dan Sodaqoh (ZIS) Tahun 2021. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bersama Baznas Bazis menggelar kegiatan peningkatan penerimaan Zakat, Infaq, dan Sodaqoh (ZIS) Tahun 2021 yang dilaksanakan, di Ruang Serbaguna Utama Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (17/6).

Kegiatan ini mengacu pada Surat Keputusan (SK) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat No 44 tahun 2021 perihal peningkatan penerimaan ZIS di wilayah Jakarta Pusat.

Untuk tahun 2021 ini, Baznas Bazis Kota Administarsi Jakarta Pusat menargetkan penerimaan dana ZIS sebesar 15 miliar.

Asisten Adminstrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Pusat M Fahmi mengatakan bahwa penetapan peningkatan ZIS ini agar menjadi pedoman para lurah dan camat melalui kepala seksi kesejahteraan rakyat untuk mencapai target yang direncanakan.

“Semoga target ini dapat terlampaui sehingga dana yang terkumpul dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ungkapnya, didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Haikal Shodri.

Selain itu, lanjutnya, sebanyak 52 rumah telah mendapatkan bantuan bedah rumah yang menghabiskan dana sebesar 2 miliar lebih.

“Untuk ke depannya bantuan bedah rumah ini agar diseleksi benar-benar rumah yang akan mendapatkan bantuan, supaya bantuannya dapat memberdayakan dan memberi dampak positif bagi masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Koordinator Baznas Bazis Jakarta Pusat Aliy Ridho mengungkapkan, pengumpulan dana ZIS wilayah Jakarta Pusat per 1 Januari hingga 16 Juni kemarin telah terkumpul sebesar 8 miliar lebih.

“Untuk target tahun ini ada kenaikan 5 miliar dibanding tahun sebelumnya yaitu sebesar 10 miliar dari dana yang terhimpun. Dalam waktu dekat ini yaitu bulan Agustus mendatang kita akan mengadakan santuan untuk yatim dan duafa dalam rangka Hari Muharram, ditargetkan 600 orang akan mendapatkan bantuan sebesar 1 juta rupiah per-orang, dengan rincian 700 ribu ditransfer dan 300 sisanya dalam bentuk bantuan sembako,” tutupnya.