Tari Kembang Kemayoran Jadi Tarian Khas Pemkot Jakpus

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Peluncuran tari Kembang Kemayoran sebagai tarian khas Jakarta Pusat, di Ruang Serbaguna Utama Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (29/12). Foto: Dwi Arif

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) meluncurkan tari Kembang Kemayoran sebagai tarian khas Jakarta Pusat.

Peluncuran tari Kembang Kemayoran berlangsung di Ruang Serbaguna Utama Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (29/12).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, tarian Kembang Kemayoran ini nantinya akan dijadikan tarian khas di seluruh kecamatan, kelurahan, dan RPTRA yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

Nantinya, lanjut Dhany, saat ada kegiatan acara tarian Kembang Kemayoran ini akan ditampilkan sebagai tarian khas wilayah Jakarta Pusat.

“Ajarkan tarian ini di tingkat kecamatan, kelurahan RPTRA bahkan di tingkat RW. Agar setiap ada acara apapun, tarian Kembang Kemayoran ini sebagai ciri khas yang dapat menggetarkan hati sanubari yang menikmati,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat M Nurdin menerangkan, tarian Kembang Kemayoran ini merupakan program Sudin Kebudayaan  Jakarta Pusat untuk menggiatkan para pegiat seni dimasa pandemi dengan menciptakan karya tari yang orisinal.

Nurdin mengaku, Sudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam menggarap tarian Kembang Kemayoran ini berkolaborasi dengan sanggar seni.

“Kita angkat background-nya, sebab di Kemayoran ini yang khas musiknya keroncong Kemayoran dan pukulan silatnya. Kita ramu jadi satu menjadi sebuah tarian yang dengan ciri khas wilayah Jakarta Pusat,” ungkapnya.

Ke depan, di tahun 2022 Nurdin menambahkan bahwa akan mengakomodir instruksi dari wali kota, untuk mengajarkan tarian ini di seluruh RPTRA yang ada di wilayah Jakpus. Termasuk rencana membuat kembali tarian lainnya sebagai tarian khas Jakpus.

“Kita akan coba tahun depan untuk membuat kreasi tarian baru kembali yang sifatnya orisinal yang akan menjadi ciri khas Kota Jakarta Pusat,” tandasnya.