Terima Baznas Bazis, Wali Kota Bahas Kampung Kwitang dan Kawasan UMKM Masjid Matraman

Reporter: Dwi Arif | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi Kampung Kwitang. Foto: Ris PKL

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menerima audiensi Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta dalam rangka membahas progres penataan kawasan eks kebakaran di Kampung Kwitang serta perencanaan pembangunan kawasan di sekitar Masjid Matraman.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerima langsung audiensi dengan Baznas Bazis DKI Jakarta secara virtual, di Ruang Walikota Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (16/6).

"Pertemuan ini berkaitan dengan progres pembangunan Kampung Kwitang eks kebakaran yang terjadi pada bulan maret lalu. Insya Allah akhir Juni akan segera diadakan serah terima untuk penyelesaian dalam rangka progres penataan di kawasan. Di awal bulan Juli 2021 akan bisa ditempati oleh warga yang ada di wilayah eks kebakaran kwitang," ungkapnya.

Sedangkan terkait kawasan sekitar Masjid Matraman, Pegangsaan,  lanjutnya, difokuskan dalam pengembangan ekonomi masyarakat dengan melakukan penatan kawasan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menggunakan konsep Dua Muka.

"Masjid Matraman ini nantinya akan dilakukan penataan untuk area pedagang UMKM, karena kondisi eksisting sekarang belum tertata dengan rapih. Dengan konsep dua muka yaitu, di area pertama akan menghadap ke arah sungai kemudian yang satunya menghadap ke jalan, nah ini akan kita desain sedemikian rupa supaya lebih menarik, rapi, dan tertata sehingga usaha masyarakat di sana juga bisa berkembang," jelasnya.

Dhany berharap ke depannya dengan adanya kolaborasi dengan Baznas Bazis Provins DKI Jakarta bisa memberikan berbagai kontribusi dan dampak positif terhadap masyarakat baik dari aspek kepemilikan rumah serta pengembangan usaha dalam rangka penataan kawasan.

"Setelah kita berkolaborasi dengan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, diharapkan ini semua bisa memberikan kontribusi terhadap kebutuhan masyarakat menengah ke bawah, sehingga dengan semakin banyak yang diintervensi maka akan semakin banyak kawasan yang lebih tertata," katanya.

Dhany juga mengucapakan terima kasih kepada Baznas Bazis yang telah berkontribusi dan mengumpulkan dana untuk kesejahteraan umat.

"Terima kasih kepada Baznas Bazis dan tentunya berharap untuk kita semua yuk kita setorkan zakat, infaq, dan sodaqoh melalui Baznas Bazis DKI Jakarta khususnya di Kota Administrasi Jakarta Pusat," tandasnya. (As)


Kominfotik JP/Rif