UMKM Perlu Ditata di Kawasan Wisata Cikini

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, untuk mendukung kawasan wisata Cikini diperlukan penataan bagi para UMKM (Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah) kuliner yang ada di sekitar lokasi.

Menurutnya, kuliner yang ada di kawasan tersebut perlu ditata ulang termasuk para UMKM milik warga sekitar. Sehingga, nantinya masyarakat sekitar juga dapat merasakan dampak dari pembangunan wisata yang akan dilakukan di kawasan itu.

"Kita akan berdayakan masyarakat sekitar situ. Masyarakat yang bisa berdagang, dia dikasih tempat di situ. Jadi warga di situ bukan cuma penonton tapi juga pelaku usaha," ungkapnya.

Irwandi menilai UMKM kuliner warga yang ada disekitar perlu didorong untuk naik kelas bukan dihapus. Ia mencontoh Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata yang mengedepankan kuliner di samping objek wisata yang ada. 

"Jadi nanti warga kalau ke Cikini bisa duduk berhenti, jalan-jalan, dan makan. Berwisata kuliner bawa keluarga makan-makan. Nanti petugas perhubungan yang akan mengawasi arus lalu lintas dan parkir warga," jelasnya.

Irwandi mengatakan, kawasan wisata Cikini ini akan menjadi destinasi wisata yang semakin menarik saat revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) rampung. Sehingga perlu persiapan untuk menunjang kawasan destinasi wisata Cikini.

"Cikini ini, kalau TIM sudah selesai itu akan jadi destinasi wisata makanya kita persiapkan jangan sampai begitu TIM jadi kita belum siap," tandasnya.