Wakil Wali Kota Hadiri Peluncuran KA Airlangga di Stasiun Senen

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan Kereta Api baru yaitu KA Airlangga. Foto: Zaki Ahmad Thohir

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan Kereta Api baru yaitu KA Airlangga relasi Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi pp di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (1/10).

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi turut hadir dalam acara peluncuran Kereta Api Airlangga yang dibarengi dengan pengguntingan pita, pemecahan kendi sekaligus keberangkatan pertama kereta api tersebut pada pukul 11.30 WIB.

"Ini HUT KAI ke-76. Ini merupakan percepatan pelayanan dan inovasi dari KAI yang saat ini masyarakat memang sering menggunakan kereta. Tentu kita berharap masyarakat dapat terlayani dengan baik," ujar Irwandi didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting.

Selain itu, Irwandi juga memuji Stasiun Senen yang saat ini kondisinya sudah jauh lebih baik dari segi infrastruktur dan pelayanan.

"Stasiun Senen sekarang ini juga sudah jauh lebih baik dari yang dulu. Kita liat sekarang semua tampilannya sudah bagus, bahkan sudah menyamai Stasiun Gambir. Pelayanan KAI sudah sangat baik sekali," puji Irwandi.

Peluncuran KA Airlangga sendiri dilakukan oleh Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto, bersama Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan.

"KA Airlangga dioperasikan dalam rangka meningkatkan animo masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi kereta api sehingga dapat memulihkan roda perekonomian masyarakat. Kami bangga ditugaskan oleh Bapak Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api untuk menyelenggarakan pengoperasian KA PSO yaitu KA Airlangga sebagai bentuk peran strategis pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapiaan," ujar Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto.