Wali Kota Lantik 77 Korps Pelajar Paripurna Yayasan Perguruan Ksatrya Lima Satu

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Danny Sukma secara langsung melantik anggota Korps Pelajar Paripurna dan Serbadaya Yayasan Perguruan Ksatrya Lima Satu. Foto: Lailatul Farha PKL

Dalam rangka membentuk sikap, kedisiplinan, loyalitas, dan respek serta mengajarkan tentang kepemimpinan, survival bagaimana cara mempertahankan hidup di darat ketika tersesat di dalam hutan dengan memperkenalkan makanan  yang dapat dimakan di alam dan cara mendapatkannya. Diuji tentang kesabaran, ketelitian dan kewaspadaan.

Yayasan Perguruan Ksatrya Lima Satu melantik 77 Korps Pelajar Paripurna dan Serbadaya yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan selama tiga hari di Purwakarta, Jawa Barat.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Danny Sukma secara langsung melantik anggota Korps Pelajar Paripurna dan Serbadaya Yayasan Perguruan Ksatrya Lima Satu, di halaman komplek sekolah setempat, Jalan Percetakan Negara, Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (13/12).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhanny Sukma mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan Yayasan Perguruan Ksatrya Lima Satu merupakan tradisi rutin yang sangat baik dan positif.

"Kegiatan ini menjadi nilai tambah karena sesuai jargon pendidikan yang kita kembangkan tidak hanya kognitifnya saja tetapi juga psikomotorik, dan afektifnya. Tradisi ini merupakan sarana yang bagus untuk membentuk karakter para pelajar, ini menjadi cikal bakal untuk melakukan pembinaan kepada siswa lainnya dalam mengelola organisasi kesiswaan," ujar Dhany didampingi Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M Fahmi, Wakil Camat Cempaka Putih Erick AP, dan Aster Kasdivif 1 Kostrad Letkol Inf Tamimi Hendra Kesuma.

Dhany juga berharap, agar segera terbentuk karakter unggul untuk sama-sama membangun pendidikan karakter di Yayasan Perguruan Ksatrya Lima Satu.

"Mudah-mudahan output dari pendidikan yang dijalankan di yasasan ini menghasilkan siswa siswi yang memang memiliki karakter yang kuat untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya dan aktif di lingkungan masyarakat masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Perguruan Ksatrya Lima Satu Suawardi Sulaeman menambahkan, jumlah pelajar yang dilantik sebagai anggota dan pengurus sebanyak 77 pelajar terdiri dari pelajar SMP 20 orang, pelajar SMA 37 orang dan SMK 20 orang. 

"Para pelajar tersebut dilatih dan diberi pembinaan oleh TNI selama tiga hari di Purwakarta, Jawa Barat," jelasnya.