Wali Kota: Pancasila Sebagai Pedoman Bagi ASN Dalam Berbangsa dan Bernegara

Reporter: Kominfotik JP  |  Editor: Kominfotik JP

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama jajarannya mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual. Foto: Zak

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Seperti tahun 2020, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, didampingi Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, Asisten Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat Danny Ramdany, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting serta Kepala Bagian Umum dan Protokol Istya Sati mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Museum Pancasila, dan disiarkan secara virtual melalui siaran langsung di kanal youtube dengan hikmat. 

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (1/6). 

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, Pancasila merupakan pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara, sehingga setiap silanya menjadi pedoman bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Dengan nilai yang ada di Pancasila. Seperti, Ketuhanan yang Maha Esa, mengedepankan kemanusiaan yang adil dan beradab, kesatuan dan persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta memegang teguh prinsip keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya. 

Sila-sila dalam Pancasila ini, lanjut Dhany, hendaknya menjadi sebuah pegangan dalam berinteraksi dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. 

 

Kominfotik JP/As