Wali Kota: Suatu Upaya Dalam Menegakan Keadilan Ialah Membangun Demokrasi

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma memberikan sambutan saat menghadiri peningkatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri peningkatan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Tingkat Dasar Tahun 2021 yang diinisiasi Bawaslu Republik Indonesia, di salah satu hotel kawasan Tanah Abang, Rabu (22/9).

Kegiatan SKPP ini akan dilaksanakan selama tiga hari dari hari Rabu (22/9) sampai Jumat (24/9).

Dhany Sukma mengatakan, kegiatan ini memiliki makna yang sangat penting dalam membangun demokrasi yang berintegritas dan berkeadilan sesuai niat yang ingin dibangun.

"Suatu upaya dalam menegakan keadilan ialah membangun demokrasi. Untuk itu dibuatlah jalur pemilihan umum, kepala daerah, dan legislatif," katanya.

Peningkatan pengawas partisipasi berbasis masyarakat yang dilakukan Bawaslu ini, lanjutnya, untuk membangun kelembagaan pengawas partisipatif dengan membuka ruang bagi masyarakat terlibat di dalam proses pengawasan penyelenggaran pemilihan umum.

"Pengawasan bukan pada hari H pemilihan tetapi memulai ketika KPU sudah membuka tahapan pemilu maka fungsi pengawasan sesungguhnya sudah harus dilakukan dan masyarakat sudah mulai ambil bagian," katanya.

Dhany juga berharap semoga penyelenggaraan pemilu bisa terwujud secara adil dan berintegritas, sehingga melahirkan pemimpin yang berintegritas dan menjunjung tinggi nilai keadilan.

Untuk diketahui, program Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) selaras dengan amanah undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal proses pesta demokrasi di indonesia. Program ini juga sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang ilmu seputar kepemiluan.