Wali Kota Tinjau Gerebek Lumpur Pasar Baru

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau pelaksanaan gerebek lumpur, di Jalan Kelinci Kelurahan Pasar Baru. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau pelaksanaan gerebek lumpur, di Jalan Kelinci, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Minggu (31/10).

Dalam kesempatan ini, Dhany melakukan penyisiran ke pemukiman warga dan memonitor pelaksanaan gerebek lumpur yang dilakukan petugas Sudin Sumber Daya Air (SDA), serta penopingan pohon oleh Sudin Petamaman Hutan Kota.

Dhany mengatakan, program gerebek lumpur yang dilakukan di kawasan Kelurahan Pasar Baru ini cukup efektif dalam mencegah genangan maupun banjir di daerah Jalan Kelinci ini.

Menurutnya, penanganan banjir sudah dilakukan tidak hanya gerebek lumpur saja, pembuatan sheet pile, pembuatan saluran penghubung yang ada di area pemukiman, pembuatan saluran gendong, hingga pompa air.

"Harapannya dapat mengatasi genangan, misalnya pada hujan yang turun beberapa hari lalu. Kawasan ini sudah aman terkendali. Mudah-mudahan tidak ada genangan," ungkapnya.

Meski dinilai efektif, Dhany menilai pencegahan banjir maupun genangan harus tetap dilakukan sampai menemukan titik temu di mana konsep penanganan banjir yang dilakukan ini betul-betul menyelesaiakan masalah banjir.

"Intinya penanganan itu harus terpadu agar bisa menyelesaikan masalah banjir," tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat juga sudah melakukan pengecekan pengurasan saluran air pada plat-plat yang tertutup di kawasan itu. Para petugas dari Pemkot Administrasi Jakarta Pusat juga memastikan koneksi saluran air terhubung satu sama lain.

"Saya berpesan pada warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Tetapi mengajak serta mengimbau warga melakukan pemilahan sampah," tandasnya.