Wali Kota Tinjau Pelaksanaan CIP RW 05 Karet Tengsin

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma (kiri) meninjau sarana prasarana penanganan genangan mengantisipasi musim penghujan. Foto: Malik Maulana

Wilayah RW 05 Kelurahan Karet Tengsin merupakan salah satu lokasi Collaborative Implementation Program (CIP) di Jakarta Pusat. CIP merupakan tindak lanjut atau realisasi dari Community Action Plan (CAP) yang sudah lebih dulu disusun biasanya di x-1 (setahun sebelumnya).

CAP digunakan untuk mengedepankan pendekatan kolaboratif. Warga diberi ruang yang besar untuk terlibat dalam proses perencanaan pembangunan perumahan dan permukiman yang sesuai dengan kebutuhan. 

Genangan pada saat hujan adalah masalah menahun di wilayah RW 05 Karet Tengsin. Maka, pada saat CAP disepakati bersama seperti apa desain dan rekayasa yang dapat dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma secara langsung meninjau lokasi CIP di Karet Tengsin untuk mengetahui perkembangan program ini, Senin (4/10).

Dhany berpesan kepada para petugas untuk menuntaskan pekerjaan, sehingga pada saat musim penghujan nanti wilayah RW 05 tidak lagi kebanjiran.

“Kita melihat satu kawasan CIP, yang ada di RW 05 Karet Tengsin, meninjau langsung kondisi wilayah dalam rangka antisipasi musim penghujan. Karena area ini terdampak apabila curah hujannya tinggi, sekaligus melihat sejauh mana penataan kawasan yang sudah dilakukan," katanya. 

Menurutnya, pengerjaan penanganan genangan di kawasan RW 05 Karet Tengsin akan dilakukan secara bertahap dan berharap semua pelaksanaan terkait antisipasi musim penghujan ini harus bisa diselesaikan.

"Pengerjaan secara bertahap terus dilakukan walaupun pelaksanaan yang belum menyeluruh. Saya berharap tahun 2022 semua pelaksanaan terkait antisipasi musim penghujan ini harus diselesaikan, sambil menunggu membaiknya situasi ekonomi akibat dari pandemi Covid-19," tandasnya.