Walikota Jakarta Pusat Kukuhkan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Periode 2021 – 2026

Reporter: Enday | Editor: Adam

Foto : Malik

Pemerintah Kota Jakarta Pusat menggelar pengukuhan anggota dan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) periode 2021-2026 di Ballroom Hotel Grand Cempaka, Kamis (9/12/2021).

Sebanyak 37 orang dikukuhkan sebagai anggota dan pengurus FPK Kota Administrasi Jakarta Pusat. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma.

Keberadaan FPK sendiri merupakan pelaksanaan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan. Anggota FPK berasal dari perwakilan berbagai suku yang ada di Indonesia.

FPK dibentuk sebagai  wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

Dalam sambutannya Dhany menyampaikan apresiasi kepada para anggota FPK. “Kami ucapkan selamat kepada seluruh anggota dan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan yang baru saja dikukuhkan. Mudah-mudahan dengan terbentuknya pengurus baru peran FPK Jakarta Pusat dapat  lebih mampu memberikan warna membangun komunitas sosial dari segala keragaman untuk memegang teguh negara kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Di tengah tantangan globalisasi, Wali Kota yakin FPK dapat mengambil peran. “Mari kita pedomani semboyan bhinneka tunggal ika. Kita memang masyarakat yang bhinneka atau beragam, maka yang harus kita beri penekanan adalah pada ‘tunggal ika’ atau bagaimana kita Bersatu,” lanjut Dhany.

 

Kominfotik JP/Day