Warga Kebon Kelapa Jadi Sampel Penelitian Kekebalan Kelompok

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Warga Kelurahan Kebon Kelapa, Jakarta Pusat (Jakpus) menjadi sampel penelitian Sero Survei SARS COV 2 (penelitian tingkat kekebalan kelompok atau herd immunity) dari Kementerian Dalam Negeri, Kamis (4/11).

Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Kebon Kelapa Imron menerangkan, ada 20 warga Kebon Kelapa yang dijadikan sampel penelitian herd immunity dari Kemendagri dan laboratorium Prodia.

Menurutnya, ke-20 warga ini terdiri dari berbagai usia, mulai dari balita dan lansia. "Warga yang dijadikan sampel ini sudah terdata melalui Dinas Dukcapil by name by address. Mereka juga sudah divaksinasi Covid-19," terangnya.

Imron menjelaskan, warga menjalani serangkaian tahapan mulai dari screening awal kemudian tes surologi untuk mengetahui tingkat herd immunity-nya. Untuk hasil dari tes tersebut, masih menunggu lebih lanjut dari pihak Prodia.

"Hasil dari sampel tes herd immunity ini akan dijadikan bahan data menuju kekebalan imunitas," jelasnya.

Untuk diketahui, selain Kelurahan Kebon Kelapa ada beberapa wilayah lain di Jakarta Pusat yang juga dijadikan sampel tes herd immunity di antaranya, Kelurahan Petojo Utara, Kelurahan Cempaka Baru, Kelurahan Senen, Kelurahan Paseban, Kelurahan Menteng, Kelurahan Kebon Melati, Kelurahan Kampung Rawa, dan Kelurahan Tanah Tinggi.