Warga Komorbid di Menteng Ikut Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Salah satu warga warga RT 005 RW 01 Kelurahan Menteng Mursanif (60) yang mempunyai penyakit penyerta (kormobid) ikut menjalani vaksinasi Covid-19. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Menteng berkolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan menggelar vaksinasi di Jalan Menteng Tenggulun RW 01, Kecamatan Menteng Jakarta Pusat, Rabu (10/11).

Salah satu warga warga RT 005 RW 01 Kelurahan Menteng Mursanif (60) yang mempunyai penyakit penyerta (kormobid) ikut menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Alhamdulillah, saya sudah divaksin dosis pertama dengan jenis vaksin Sinovac, tenang rasanya. Sudah divaksin dikasih minyak goreng 2 liter sama Pak Lurah, lumayan buat masak di rumah," ucap Mursanif.

Mursanif mengungkapkan bahwa ia sempat ke RW 01 untuk mengikuti vaksin namun ditunda karena mempunyai penyakit penyerta dan harus ada surat keterangan dokter.

"Akhirnya hari ini saya menjalani vaksinasi Covid-19 setalah mendapatkan surat keterangan dari dokter. Setelah divaksinasi dengan observasi 30 menit, dan tidak mengalami efek samping apapun kemudian saya diizinkan pulang ke rumah," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Menteng Dedy Tjahyadi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di RW 01 kelurahan berkolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan Menteng dengan mengerahkan lima orang personil tenaga medis dan administrasi.

"Dalam kegiatan tersebut tercatat 68 warga yang ikut vaksin. Terdiri 18 orang melakukan vaksinasi dosis pertama, 46 vaksinasi dosis kedua dan empat orang ditunda karena tensi darah tinggi, kolestrol serta penyakit lainnya," jelasnya.

Dedy menambahkan bagi warga yang menjalani vaksinasi pertama kita berikan minyak goreng ukuran 2 liter. Bantuan ini bersumber dari warga yang mampu yang berdomisili di wilayah Kelurahan Menteng.

"Bantuan ini tidak hanya minyak goreng, kadangkala beras, gula pasir, tergantung warga yang memberikannya. Saya akan berusaha terus menggencarkan vaksinasi sampai seluruh warganya tervaksin sehingga akan tercapai kekebalan kelompok," jelasnya.