Warga RT 05 Kelurahan Cempaka Putih Timur Kompak Pilah Sampah Bersama

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Aktivitas pilah sampah di RT 05 Kelurahan Cempaka Putih Timur. Foto: pusat.jakarta.go.id

Pada masa pandemi Covid-19, telah terjadi perubahan pola hidup masyarakat. Lebih banyak aktivitas di rumah membuat masyarakat menghasilkan lebih banyak sampah.

Apabila tidak ditangani secara tepat, maka hal ini akan menimbulkan polemik baru dalam lingkungan. 

Untuk itu, Ketua RT 05 Kelurahan Cempaka Putih Timur (CPT) Nick Nurahman dan Kasatpel Lingkungan Hidup (LH) Kelurahan, berkerja sama melakukan sosialisasi pengelolaan dan pilah sampah kepada warga.

"Setelah dilakukan sosialisasi, warga sepakat untuk melakukan pilah sampah yang didukung oleh Sudin LH. Mulai tanggal 6 Desember 2021 lalu, seluruh warga belajar kebiasaan baru dengan memilah sampah," Nick Nurahman mengungkapkan, saat dikonfirmasi, Jumat (24/12).

Menurut Nick, sejak sampah tersebut dikelola dan dipilah, warga tidak merasakan lagi adanya bau sampah akibat tumpukan sampah.

"Jadi bak sampah semen di luar dibongkar dan diganti bak sampah hijau plastik untuk sampah anorganik, sedangkan untuk limbah dapur, masing-masing warga membuangnya ke tong berwarna biru," jelas Nick.

Melihat antusias warga di wilayahnya, Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari sangat mendukung dan mengapresiasi kekompakan warga untuk melakukan pengelolaan dan pemilahan sampah.

"Kami dari kelurahan mendukung, dan mengajak PT TASPEN untuk kembali berkolaborasi bersama mengatasi sampah di wilayah Kelurahan Cempaka Putih Timur," ucap Shinta.

Shinta mengaku, bukti peran PT TASPEN serius membantu warga adalah dengan memberikan lima sampai enam ember pilah sampah di 104 RT dan delapan RW.

"Kami dari kelurahan juga sering mengadakan seminar tentang pelatihan pengelolaan sampah yang berkolaborasi dengan PT TASPEN, termasuk penataan tempat penampungan sampah juga dilakukan dari hasil kolaborasi ini," katanya.

"Semoga program pilah sampah ini bisa menular ke RW dan RT lainnya di Kelurahan Cempaka Putih Timur," tandas Shinta.