Warga RW 05 Mangga Dua Selatan Antusias Gunakan JakWifi

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Penggunaan fasilitas JakWifi di Sekretariat RW 05 Kelurahan Mangga Dua Selatan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kesulitan akan akses internet secara gratis bagi pelajar di masa pandemi Covid-19 ini dijawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan menyediakan fasilitas JakWifi.

JakWifi merupakan fasilitas cuma-cuma yang disediakan untuk pemenuhan akses informasi bagi para siswa-siswi pelajar yang tinggal di lokasi terpencil.

Seperti yang terdapat di Sekretariat RW 05 Kelurahan Mangga Dua Selatan yang terletak di tepian aliran Kali Anak Ciliwung.

Lurah Mangga Dua Selatan, Agata Bayu menuturkan terdapat 12 RW di wilayahnya, sembilan titik JakWifi sudah terpasang di setiap RW, sedangkan tiga titik lainnya masih dalam proses pengajuan.

“Ini sangat membantu warga sekitar terlebih di masa sulit saat pandemi ini, JakWifi hadir sebagai solusi bagi warga yang ingin tetap belajar namun tidak memiliki kouta internet,” ungkapnya saat  meninjau pelaksanaan penggunaan JakWifi, Kamis (2/11).

Sementara itu, Ketua RW 05 Mangga Dua Selatan Kelik Pramono mengaku Sekretariat RW ini selalu penuh di saat jam belajar untuk media warga sekitar mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Dengan adanya JakWifi dari Gubernur, semua masalah dapat teratasi,” selorohnya.

Di tempat yang sama, Akna Khoziyah siswi kelas 5 SD ini mengaku sangat terbantu dengan adanya JakWifi.

“Aku senang, walaupun sekarang sudah mulai belajar tatap muka di sekolah, namun dikala PJJ aku selalu ke kantor RW ini untuk ikut pembelajaran di sekolah,” ungkapnya.