10 RT di Kelurahan Mangga Dua Selatan Dapat Bantuan Sembako Bagi Warga Isoman

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Kelurahan Mangga Dua Selatan memberikan bantuan sembako kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. Foto: Vhatra

Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, memberikan bantuan sembako kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Lurah Mangga Dua Selatan Agatha Bayu Putra didampingi Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Mangga Dua Selatan Sa’adi, dan Ketua LMK RW 011 Umi Nuarita, Kamis (10/2).

Lurah Mangga Dua Selatan Agatha Bayu Putra mengatakan, pemberian bantuan sembako terdiri beras 20 kg, minyak goreng 2 liter, mie instan satu dus, sarden tujuh kaleng, dan biskuit satu kaleng.

Bantuan ini, lanjutnya, merupakan hasil kolaborasi dengan Dinas Sosial DKI Jakarta untuk meringankan beban warga yang sedang menjalani isoman.

Agatha menerangkan, bantuan sembako yang disalurkan ini merupakan tahap yang terakhir kepada 30 Kepala Keluarga (KK), sebelumnya Kelurahan Mangga Dua Selatan sudah menyalurkan kepada warga yang isoman yang tersebar di 10 RT dari 12 RW yang ada di wilayahnya.

"Mudah-mudahan dalam pemberian bantuan sembako ini menjadi salah satu upaya pengendalian kita untuk menghindari mobilitas kepada warga yang terpapar Covid-19," katanya didampingi Ketua RW 011 Edy Mandegani dan Ketua RT 01/011 Raisin.

Agatha mengungkapkan, data kasus per 9 Februari 2022 di Kelurahan Mangga Dua selatan ada 93 kasus aktif dan 79 orang menjalani isoman di rumah masing-masing, yang dipantau oleh gugus tugas Covid-19 dari Tingkat RT-RW dan Kelurahan. Sedangkan yang di rawat di wisma atlet delapan orang dan di rumah sakit enam orang.

Untuk itu, Agatha menambahkan, dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19, baik secara konvensional dan daring Kelurahan Mangga Dua Selatan selalu mengingatkan warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan menghindari kerumunan orang.

Selain itu, lanjutnya, secara masif memberikan sosialiasi kepada pengurus RT maupun RW tetap terus memberi imbauan untuk mengingatkan warga bahwa saat ini Covid-19 masih ada.

"Saya berharap dalam situasi apapun kita tetap ikhtiar dan berusaha, dalam menghadapi Covid-19, tetap sabar, dan ikhlas," harapnya.