100 Kg Sayuran Hidroponik di Rooftop Kantor Wali Kota Berhasil Dipanen

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

KPKP panen sayur hidroponik di rooftop Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (8/4). Foto Malik Maulana

Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) memanen 100 kg sayur hidroponik yang ditanam di rooftop Kantor Walikota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (8/4).

100 kg sayur hidroponik yang berhasil dipanen terdiri dari 80 kg pakcoy dan 20 kg kangkung. Panen tersebut dilakukan oleh Plt Sekdis Dinas KPKP DKI Jakarta Mujiati bersama Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti.

Plt Sekdis Dinas KPKP DKI Jakarta Mujiati mengatakan, ini merupakan salah satu implementasi dari green desain pertanian perkotaan atau urban farming di DKI Jakarta.

"Pertanian perkotaan di Jakarta tidak berbasis lahan, tetapi berbasis ruang. Di mana ada ruang yang memungkinan untuk ditanami, maka kita bisa melakukan pertanian perkotaan," kata Mujiati usai panen pakcoy dan kangkung.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai upaya mengajak masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan di DKI Jakarta. Dengan menerapkan pertanian perkotaan di lahan terbatas, maka kebutuhan sayuran masyarakat bisa dipenuhi sendiri secara mandiri. Sebab, sayuran daun mudah dibudidayakan, cepat panen dan hasilnya cepat dinikmati.

"Kota Jakarta memiliki potensi yang luar biasa untuk memanfaat rooftop, karena banyak bangunan di Jakarta yang atapnya dari beton. Nah, di sini kita bisa manfaatkan untuk menanam dengan banyak kelebihan-kelebihannya seperti, sinar matahari penuh, dan ini yang diperlukan oleh tanaman," jelasnya.

Sementara itu, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti menambahkan, dari hasil panen sayuran pakcoy dan kangkung akan dijual kepada ASN atau pegawai di lingkungan kantor wali kota serta warga sekitar.

"Adapun hasil panen hari ini yaitu, pakcoy sebanyak 80 kg dan kangkung sebanyak 20 kg dengan harga jual Rp 5.000,-/300 gram untuk pakcoy dan Rp 3.500/300 gram untuk kangkung," ujarnya.

Selain menanam jenis sayuran di rooftop, lanjut Penty, Sudin KPKP juga menanam buah melon, tanaman toga, buah jeruk, jambu air, dan juga melakukan pembibitan untuk tanaman rosela, dan kembang teleng.

"Saya berharap dengan adanya rooftop di kantor wali kota ini bisa sebagai relaksasi bagi ASN, serta untuk memberikan edukasi bagi masyarakat luas, dan mudah-mudahan ke depan bermanfaat," tandasnya.