105 Balita di RW 04 Kelurahan Mangga Dua Selatan Dapat Pemeriksaan Kesehatan

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Pemeriksaan kesehatan balita dari delapan RT di RW 04 Kelurahan Mangga Dua Selatan. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sebanyak 105 balita dari delapan RT di RW 04 Kelurahan Mangga Dua Selatan (Madusela) mendapatkan pemeriksaan kesehatan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang diselenggarakan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurahan Mangga Dua Selatan secara door to door (pintu ke pintu) rumah warga, Kamis (10/3).

Ketua PKK Pokja 4 Mangga Dua Selatan Witri menerangkan, di karenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini maka kegiatan posyandu yang rutin sebulan sekali dilaksanakan secara sweeping melalui kader posyandu kelurahan.

Kegiatan ini, lanjutnya, dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan, penimbangan berat, dan pengukuran tinggi badan. Sebanyak 105 balita tersebut juga diberikan makanan tambahan.

"Karena masih pandemi, layanan posyandu kita lakukan secara door to door, biasanya kita buka di Pos RW. Ini efektif karena untuk mengurangi kerumunan warga. Kami juga memberikan edukasi kepada orang tua agar mengenali beragam menu bergizi," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesejahteraan Kelurahan Mangga Dua Selatan Sadi mengatakan, kegiatan posyandu ini berlangsung serentak di 12 RW yang ada di Kelurahan Mangga Dua Selatan.

"Ini bagian dari monitoring kondisi balita di Kelurahan Mangga Dua Selatan, agar kesehatannya terjaga dengan asupan gizi yang cukup," ucapnya.

Menurutnya sejauh ini tingkat kesadaran masyarakat cukup tinggi untuk memeriksakan kesehatan balita. Jadwal layanan posyandu telah ditentukan dari pihak puskesmas. Dengan layanan ini dapat mengetahui perkembangan stunting yang ada di Mangga Dua Selatan. 

"Saat ini, tingkat stunting di Mangga Dua Selatan menurun 20 persen, sebelumnya ada 60-an balita yang mengalami stunting," terangnya.