11 Orang di Wilayah Jakarta Pusat Terkonfirmasi Positif Varian Omicron

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sejumlah kasus baru penyebaran virus Corona varian Omicron ditemukan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi meminta kepada semua pihak untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa Covid-19 varian Omicron telah merebak.

"Tolong sampaikan ke masyarakat bahwa kita masih ada Covid-19 varian Omicron. Tolong dijaga agar tidak ada kerumunan dan menjalankan protokol kesehatan (prokes)," ucapnya.

Irwandi juga meminta kepada Satgas Covid-19 Jakarta Pusat untuk melakukan pengawasan secara masif dan penegakan sesuai peraturan Instruksi Menteri Dalam Negeri.

"Kita berharap pasien Covid-19 varian Omicron tidak bertambah, maka kita akan lakukan PCR secara masif," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat Erizon Safari menjelaskan hingga Selasa (11/1), pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron di Jakarta Pusat sebanyak 11 orang.

"Karena memerlukan pemeriksaan spesifik untuk menyatakan jenis Omicron atau bukan, jumlahnya pun dinamis.  Hingga kemarin kasus Omicron di Jakarta Pusat ada 11 kasus," katanya saat dihubungi, Rabu (12/1).

Erizon menuturkan sesuai dengan arahan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat pihaknya akan melakukan tes PCR setiap terdapat kasus baru.

"Setiap ada kasus kami akan melakukan pelacakan (tracking) terhadap yang kontak erat dengan pasien yang terpapar varian baru Omicron. Sesuai arahan, kita perluas siapa saja yang kontak dan ke mana saja," pungkasnya.