120 Personel Bersama Warga Kerja Bakti Gerebek Lumpur di RW 04 Kelurahan Paseban

Reporter: Iman | Editor: Andreas Pamakayo

Pengurasan saluran air di wilayah RW 04, Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Minggu (9/1). Foto: Angga

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mengerahkan ratusan personel gabungan melakukan kerja bakti gerebek lumpur bersama warga di wilayah RW 04, Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Minggu (9/1).

Kegiatan tersebut dipimpin Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Senen, Ishran Prasetiawan serta dimonitor langsung Kepala Suku Dinas (Kasudin) Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Pusat, Abdul Raup Gaffar. 

Acara kerja bakti gerebek lumpur juga dihadiri Lurah Paseban M. Soleh, Dewan Kota Perwakilan Kecamatan Paseban Sanusi, Ketua RW 04 Muhtar dan para Ketua RT.

Kasudin SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat Abdul Raup Gaffar menyatakan bahwa kerja bakti gerebek lumpur di RW 04, Kelurahan Paseban ini adalah salah satu kegiatan pemeliharaan rutin yang dilaksanakan jajarannya terkait, pemeliharaan saluran air yang melibatkan peran serta masyarakat untuk ikut membersihkan lingkungannya.

“Ini (giat) adalah pemeliharaan rutin, kita mengecek fasilitas-fasilitas saluran air untuk menghadapi musim hujan. Masyarakat dalam hal ini diharapkan keterlibatannya seperti, jangan buang sampah di saluran air,” ujarnya.

Sementara itu, Sekcam Senen Ishran Prasetiawan mengapresiasi atas kolaborasi yang baik antar Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Pemkot Administrasi Jakarta Pusat dengan warga masyarakat di RW 04 Kelurahan Paseban, dalam melaksanakan giat kerja bakti gerebek lumpur ini.

“Pada pagi hari kita melaksanakan giat kerja bakti gerebek lumpur di wilayah RW 04, Kelurahan Paseban, ini adalah kegiatan rutin yang kita laksanakan untuk mengurangi banjir dan genangan. Alhamdulillah, kami berkolaborasi lintas sektoral dibantu dengan masyarakat dari 13 RT yang ada sangat antusias untuk giat kerja bakti gerebek lumpur ini,” ucapnya.

Lebih lanjut Ishran merinci bahwa dalam kegiatan ini pihaknya menurunkan sekitar 120 personel dari unsur Pasukan Pelangi.

“Dalam giat ini seperti biasa kami dibantu dari berbagai unit sektoral seperti Damkar, Dishub, LH, Satpol PP, Bina Marga, SDA, Pertamanan, dan sebagainya. Alhamdulillah bisa saling membantu untuk kegiatan hari ini,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Muhtar selaku Ketua RW 04 menyatakan rasa terima kasihnya selaku perwakilan warga atas adanya kegiatan kerja bakti gerebek lumpur di wilayah yang dipimpinnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak Pemda DKI Jakarta dengan terlaksananya kerja bakti di wilayah RW 04 Paseban ini. Wilayah kami menjadi bersih dan sekalian untuk pemberantasan sarang nyamuk,” ucapnya.