120 Titik di Jakpus Jadi Fokus Penilaian Adipura 2022

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus. Foto: Malik Maulana

Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus melakukan pembinaan untuk persiapan penilaian Adipura 2022, di Aula Kantor Kecamatan Tanah Abang, Kamis (9/6).

Menurutnya, penilaian akan dilakukan akhir Juni atau awal Juli mendatang sehingga dilakukan pengingatan kepada jajaran di Kecamatan Tanah Abang untuk bersiap diri.

"Kita ketahui Adipura ini sudah vakum dua tahun sehingga dalam pergerakannya ini kembali mengingatkan lagi ke lingkungan dan ke jajaran titik penilaian agar dapat bisa berbenah diri," katanya.

"Mudah-mudahan dengan masih ada waktunya kegiatan pembenahan bisa memberikan nilai terbaik untuk penilaian Adipura nanti," imbuhnya.

Martua menjelaskan, di Jakarta Pusat untuk tahun ini kurang lebih ada 120 titik fokus acuan penilaian Adipura 2022. Namun, karena penilaiannya dengan sistem sidak maka perlu mempersiapkan komponen-komponen titik penilaian sesuai yang ada di surat Kementerian Lingkungan Hidup.

"Sudah kita ingatkan kepada jajaran wilayah agar tetap mempersiapkan lokasi diluar titik pantau yang sudah kita berikan," jelasnya.

Jakarta Pusat, lanjutnya, pernah mendapatkan Adipura tiga kali berturut-turut, bahkan pada 2015 mendapatkan Adipura Kencana.

"Karena kevakuman ini maka kita harus persiapkan lagi, semoga Jakarta Pusat yang menjadi barometer kebersihan di Tingkat DKI Jakarta ini bisa menjadi contoh wilayah lain untuk meraih piala Adipura," tuturnya.

"Harapannya kita harus mendapat piala Adipura karena Jakarta Pusat ini termasuk kota metropolitan yang sudah tertata rapi dan bersih berkat kerja bersama seluruh UKPD yang ada di Jakarta Pusat," tambahnya.

Pembinaan ini, ditutup dengan peninjauan sejumlah lokasi-lokasi yang menjadi komponen penilaian Adipura di wilayah Kecamatan Tanah Abang.