197 Pohon Rawan Tumbang di Menteng Dipangkas

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Andreas Pamakayo

Satuan Tugas (Satgas) Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Menteng, telah memangkas 197 pohon rawan tumbang selama periode Januari hingga akhir Februari 2022.

Kasatpel Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Menteng Umar Sarifudin mengatakan, pemangkasan pohon tersebut dilakukan di lingkungan pemukiman warga, jalur hijau, taman, dan lainnya agar tetap terawat serta rapi.  Sekaligus mengantisipasi pohon tumbang saat angin kencang.

"Ada empat katagori pemangkasan yang dilakukan yakni, pangkas ringan, sedang, berat, dan penebangan. Selama Periode Januari-Februari 2022 sebanyak 43 pohon dipangkas ringan, 121 dipangkas sedang, 32 dipangkas berat dan satu pohon ditebang," ungkap Umar saat dikonfirmasi, Senin (14/3).

Pemangkasan pohon tersebut dilakukan, lanjut Umar, karena ada permintaan dari warga melalui CRM maupun surat ke Sudin Pertamanan dan Hutan Jakarta Pusat serta hasil dari pemantauan atau monitoring tim Satgas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota kecamatan.

Umar menambahkan, petugas yang diterjunkan setiap melakukan pemangkasan pohon sebanyak delapan orang dengan alat mesin chainsaw, golok, tambang, dan unit truk KDO. Sementara sampah daun dan ranting dibuang ke PTSP Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Adapun jenis pohon yang dipangkas yakni pohon angsana, beringin, glodokan, mahoni, manga, kupu-kupu, dan trembesi," jelasnya.