240 Hewan di Cempaka Putih Barat Divaksin Rabies

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi HPR di halaman Kantor Kelurahan Cempaka Putih Barat (CPB). Foto: Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali menggelar vaksinasi bagi Hewan Penular Rabies (HPR) di halaman Kantor Kelurahan Cempaka Putih Barat (CPB), Kecamatan Cempaka Putih, Selasa (20/9).

Dalam Vaksinasi yang telah berlangsung  sejak tanggal 15, 19, dan 20 September 2022, sebanyak 240 HPR telah mendapatkan vaksinasi.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Herawati mengungkapkan, kegiatan vaksinasi ini dalam rangka mempertahankan DKI Jakarta tetap bebas rabies dan juga dalam rangka Rabies Day.

"Rabies Day kita peringati setiap tanggal 28 September 2022, yang nantinya akan dilaksanakan di Kecamatan Cempaka Putih," ungkapnya.

Herawati menuturkan, vaksinasi rabies ini dilakukan setahun sekali dan berulang setiap tahunnya yang dilaksanakan mulai bulan Januari di Kecamatan Tanah Abang hingga nanti terakhir di Kecamatan Kemayoran.

"Vaksin ini penting selain untuk mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies, juga menjaga hewan tetap sehat dan menjadikan warga pemilik hewan yang bertanggung jawab," tuturnya.

Ia pun menegaskan bahwa dalam pemberian vaksinasi ini tidak dipungut biaya alias gratis, namun tetap harus memenuhi syarat yang ada.

"Vaksinasi ini gratis, jadi syaratnya hewan sehat, tidak pilek, mau makan tidak ada gangguan dalam makan, tidak sedang hamil, umur minimal 4 bulan, intinya yang penting sehat lah," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Cempaka Putih Barat M Arief Biki mengatakan, antusiasme masyarakat CPB sangat baik dalam membawa hewan peliharaannya melakukan vaksinasi.

"Alhamdulillah antusias masyarakat juga sangat baik, kegiatan ini selain mengundang animo masyarakat juga  kita benar-benar mendukung untuk terwujudnya Jakarta Bebas Rabies," katanya.

Melihat antusiasme masyarakat, Biki pun berharap kegiatan vaksinasi HPR ini bisa kembali berlangsung di wilayahnya.

"Setelah selesai kegiatan, masih banyak yang bertanya, kapan lagi ada, kapan lagi ada. Semoga vaksinasi rabies ini akan berlanjut dalam kesempatan-kesempatan yang lainnya," tutupnya.