262 Balita Ikuti Pelayanan Kesehatan  di RPTRA Rawa Indah

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Pelaksanan memeriksa berat badan balita di RPTRA Rawa Indah, RW 04, Kelurahan Kampung Rawa. Foto: pusat.jakarta.go.id

Ratusan warga sangat antusias mengikuti pelayanan kesehatan Posyandu yang digelar di RPTRA Rawa Indah, RW 04, Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. 

Warga yang terdiri dari para ibu-ibu ini rela antre untuk menimbang dan memeriksakan kesehatan balitanya.

Lurah Kampung Rawa Ferry Zahrudin mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini sebenarnya rutin dilaksanakan namun, semenjak masa pandemi Covid-19 baru sekarang berlangsung secara tatap muka atau offline.

"Biasanya dilakukan dengan cara jemput bola. Kader Posyandu ke rumah warga, sekarang warga mendatangi ketempat layanan Posyandu," jelas Ferry didampingi Ketua PKK Kelurahan Kampung Rawa Yasmiati di lokasi, Senin (21/3).

Ferry menerangkan, dalam pelayanan kesehatan Posyandu tersebut, pihaknya memberikan makanan tambahan bergizi untuk balita yakni, bubur kacang hijau dan pisang. Ini sudah dianggarkan, setiap kelurahan juga ada.

"Saya berharap, agar balita di wilayah Kelurahan Kampung Rawa jangan ada di bawah garis merah atau gizi buruk dan stunting. Orang tua yang mempunyai bayi agar rajin memantau kesehatan bayi di Posyandu supaya keseimbangan gizi serta kesehatannya meningkat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua TPP PKK Kelurahan Kampung Rawa Yasmiati menjelaskan, sejak 14 Maret 2022. Semenjak masa pandemi Covid-19 kegiatan Posyandu dilakukan secara door to door dalam Operasi Timbang Warga. Kader Posyandu datang ke rumah warga menimbang balita, jadi satu kader mendapatkan jatah 10 balita di setiap RW.

"Selama pandemi kita tetap selalu pantau tumbuh kembang balita, agar kesehatan terjaga," katanya.

Sesuai data, ungkap Yasmiati, tercatat 262 balita menerima layanan pemeriksaan kesehatan. Para balita ditimbang berat badannya, diukur tinggi badannya, diberikan vitamin serta diberikan makan tambahan bergizi.

"Alhamdulillah, di wilayah Kampung Rawa balita gizi buruk dan stunting tidak ada, karena kita selalu memantau dari para kader. Kita selalu ingatkan jika ada balita gizi buruk segera laporkan agar dapat ditindak lanjuti,“ imbuhnya.