35 Orang Ikuti Posyandu Lansia di Kantor RW 05 Kelurahan Senen

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pos Pelayanan Terpadu bagi lansia di Kantor RW 05 Kelurahan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (17/3). Foto: Malik Maulana

Sebanyak 35 orang mengikuti Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bagi lanjut usia (lansia) dari Puskesmas Kecamatan Senen, di Kantor RW 05 Kelurahan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (17/3).

Penanggung Jawab Poli dan Program Lansia Puskesmas Kecamatan Senen Wina menjelaskan, Posyandu Lansia ini merupakan perdana yang dilaksanakan di masa pandemi.

"Ini merupakan posyandu perdana sehingga yang datang belum begitu banyak karena belum banyak yang tahu, tetapi Alhamdulillah sudah mulai ramai," jelasnya.

Menurutnya, berbeda dengan posyandu anak-anak, dalam posyandu ini para lansia mendapatkan screening lengkap. "Screening untuk lansia berbeda dengan yang bukan lansia, karena namanya pengkajian paripurna pasien geriatri, di situ kita cek kepikunan, gangguan depresi, status gizi, jadi tidak hanya tekanan darah, berat badan, dan tinggi badan," katanya.

Wina memaparkan, pentingnya Posyandu Lansia ini karena memudahkan para lansia untuk mengecek kesehatannya. "Posyandu lansia ini rutin sebulan sekali dan dengan adanya posyandu ini para lansia yang memang tergantung pada caregiver (pengasuh) tak harus jauh-jauh ke Puskesmas Kramat 7 misalnya," jelas Wina.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi saat meninjau Posyandu Lansia ini. Menurutnya para lansia membutuhkan perhatian dan semangat.

Untuk itu, Irwandi juga meminta posyandu bagi para lansia perlu ditingkatkan di setiap wilayah. "Para lansia perlu diberikan semangat sehingga harus ditingkatkan, ini merupakan usaha Pemda DKI untuk pelayanan kesehatan," ucapnya.

Dalam tinjauan di Posyandu Lansia ini, Irwandi juga menyempatkan diri untuk mengecek kesehatan dengan memeriksa tekanan darahnya.