35 Siswa SDN di Johar Baru Ikuti Pembinaan Dokter Cilik di RPTRA Pandawa

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Siswa SD di wilayah Johar Baru mengikuti pembinaan Dokter Cilik, di RPTRA Pandawa. Foto: Malik Maulana

Sebanyak 35 siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti pembinaan Dokter Cilik, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pandawa, Jalan Irawan, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (25/5).

Lurah Tanah Tinggi Sunardi mengatakan, kegiatan yang digelar Puskesmas Kecamatan Johar Baru untuk memfasilitasi dan membantu kesehatan di lingkungan pendidikan, sehingga anak mudah dikendalikan dalam kesehatan.

"Di sini anak diajarkan untuk menjaga kesehatan diri, kesehatan lingkungan belajar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, agar bisa dijabarkan atau dipraktekkan di lingkungan masyarakat. Kegiatan ini atas kerja sama pihak kesehatan dan pendidikan yang ada di wilayah Kecamatan Johar Baru," katanya.

Sunardi menjelaskan, peserta pembinaan Dokter Cilik ini merupakan perwakilan siswa SD yang ada di wilayah Kecamatan Johar Baru. Para peserta yang didampingi para guru mendapatkan materi dan praktek tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), P3K, kesehatan gigi, dan kesehatan jiwa.

"Harapannya dengan adanya kegiatan seperti ini bisa melatih sejak dini terkait kesehatan dan kebersihan kita bersama, sehingga para generasi penerus yang akan menggantikan kita dimasa mendatang terlatih sejak dini dan mudah-mudahan dapat terwujud adanya perilaku masyarakat yang lebih baik," harapnya.

Di tempat yang sama, Guru pendamping dari SDN Kampung Rawa 02 Johar Baru Jumhana bersyukur pembinaan Dokter Cilik kembali dilaksanakan setelah pandemi Covid-19. "Kita bersyukur mudah-mudahan kegiatan ini berlanjut ketingkat berikutnya sehingga anak-anak bisa memahami tentang kesehatan," ucapnya.

Nantinya, lanjut Jumhana, yang mewakili sekolahnya bisa menularkan kepada siswa lainnya tentang kesehatan. "Mudah-mudahan ada peningkatan dan kelanjutan kegiatan ini dikemudian hari dan di kegiatan ini bisa dilaksanakan lebih luas lagi," tutupnya.