40 Mobil Tangki Ukuran Sedang Dikerahkan Siram Tanaman di Delapan Kecamatan

Reporter: H. A. Daelani | Editor: Andreas Pamakayo

Satgas Sudin Pertamanan dan Hutan Kota menyiram tanaman di wilayah Jakarta Pusat. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota mengerahkan 40 mobil tangki air ukuran sedang untuk melakukan penyiraman di sejumlah taman, jalur hijau, dan tempat pemakaman umum (TPU) di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat.

Demikian dikatakan Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Pusat Mila Ananda saat dikonfirmasi, Rabu (6/4).

"Kita mengerahkan 40 mobil tangki air ukuran sedang untuk melakukan penyiraman. Setiap musim kemarau, kita tingkatkan instentitas penyiraman dengan melakukan rutin setiap hari, guna mencegah pohon atau tanaman layu dan kering," katanya.

Penyiraman, lanjutnya, dilakukan dengan debit air yang cukup dan  pelaksanaan berlangsung pada malam hari agar tidak menggangu lalu lintas. Sedangkan untuk sumber air diambil dari, Kali Gresik Menteng, Kali Krukut Bawah Abdul Muis, Kali Ciliwung Pasar Baru, Kali Krukut daerah Bendingan Hilir.

"Di wilayah Jakarta Pusat memiliki 179 jalur hijau, 103 taman, dan empat TPU tersebar di delapan kecamatan. Untuk tiap armada tangki pihaknya melibatkan dua orang Satgas terdiri dari supir dan kenek yang pegang selang siram," ungkapnya.

"Sedangkan untuk lokasi yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan tangki, kami menggunakan mesin alcon atau air dari sumber setempat," sambungnya.