49 Warga Kecamatan Tanah Abang Dapat KLJ dan KPDJ

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Warga difabel menerima KPDJ di RPTRA Hati Suci. Foto: Maulana

Sebanyak 49 warga menerima bantuan sosial berupa Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), di RPTRA Hati Suci, Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (22/7).

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Suku Dinas Sosial Kecamatan Tanah Abang Asep Supriatna mengatakan, sebanyak 49 warga tersebut berasal dari tiga kelurahan yaitu, Kampung Bali,  Kebon Kacang, dan Kelurahan Kebon Melati.

"Pendistribusian ini untuk pemenuhan kebutuhan dasar para lansia dan penyandang difabel. Ini merupakan undangan kedua di mana sebelumnya saat undangan pertama para warga belum hadir," katanya.

Asep menuturkan, di wilayah Kecamatan Tanah Abang dalam pendistribusian KLJ dan KPDJ sudah mencapai 100 persen. "Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini akan mendapat bantuan selama empat bulan yang besarannya untuk lansia akan mendapat 600 ribu perbulan jadi total 2,4 juta, dan difabel 300 ribu perbulan dengan total 1,2 juta. Uangnya langsung masuk ke rekening Bank DKI yang mereka terima saat ini," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasie Kesra) Kecamatan Tanah Abang Setiyanto mengaku siap mendukung dan mensukseskan program dinas sosial untuk masyarakat kurang mampu, terlebih di saat  pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19.

"Kami mendukung penuh program ini. Harapan kita sama seperti harapan masyarakat yaitu bisa ditambah kuota penerima manfaat. Sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang terbantu," ungkapnya.

Sementara itu, warga Kebon Pala Kelurahan Kebon Melati Nuraini merasa senang menerima bantuan melalui KLJ, karena bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-harinya.

"Alhamdulillah senang mas bisa menerima bantuan ini untuk kebutuhan sehari-hari sama ditabung. Semoga teman-teman lansia lainnya juga bisa dapat bantuan ini, jadi lebih banyak yang terbantu," harapnya.

Hadir dalam pendistribusian KLJ dan KPDJ ini  Lurah Kampung Bali Ety Kusmiaty, perwakilan Dinas Sosial DKI Jakarta, perwakilan Kelurahan Kebon Melati, dan Kebon Kacang.