50 Persen RW di Wilayah Jakarta Pusat Sudah Memilah Sampah dari Rumah

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Dwi Arif

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Marsigit mengatakan bahwa sebanyak 50 persen RW di tiap wilayah sudah memilah sampah dari rumah.

"Update terakhir, sudah 50 persen RW di wilayah Jakarta Pusat yang telah melakukan pilah sampah dari rumah,” katanya usai menerima audensi Gerakan Ciliwung Bersih, di Ruang Rapat Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (5/1).

Marsigit menerangkan, dari 389 RW di Jakarta Pusat saat ini sudah ada 198 RW dari delapan kecamatan yang sudah memilah sampah dari rumah. 

"Dari 198 RW tersebut tersebar di 30 RW di Kecamatan Cempaka Putih, 23 RW di Kecamatan Gambir, 20 RW di Kecamatan Johar Baru, 25 RW di Kecamatan Kemayoran, 14 RW di Kecamatan Menteng, 31 RW di Kecamatan Sawah Besar, 22 RW di Kecamatan Senen, 33 RW di Kecamatan Tanah Abang," ungkapnya.

Lebih Lanjut, Marsigit mengatakan, untuk pengangkutan sampah dari hasil pemilahan di RW sudah dilakukan di tiap TPS.

Untuk pengangkutan sampah organik, menurutnya, jadwalnya sudah ditentukan di TPS masing-masing, sehingga setiap hari pasti ada pengangkutan jadwal sampah organik. Namun untuk pengangkutan sampah anorganik dilakukan sesuai kesepakatan dari masing-masing RW.

“Untuk yang anorganik harinya disesuaikan kesepakatan di RW dan kesepakatan Satuan Pelaksana (Satpel) Lingkungan Hidup,” tandasnya.