50 Peserta Ikut Pelatihan Salon Kecantikan di RPTRA Serdang Baru

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan salon kecantikan di RPTRA Serdang Baru. Foto: pusat.jakarta.go.id

Sebanyak 50 peserta mengikuti pelatihan salon kecantikan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Serdang Baru, Kelurahan Serdang, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Para peserta yang rata-rata sebagai ibu rumah tangga ini tampak antusias mengikuti pelatihan yang diinisiasi Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Para ibu-ibu tersebut mempraktekkan ilmu yang sedikit demi sedikit sudah dipelajari dari pelatihan yang berlangsung selama lima hari, dimulai sejak Senin 1 Agustus 2022 hingga 5 Agustus 2022.

Salah satu peserta yang berasal dari Kecamatan Senen, Mira mengaku senang mengikuti pelatihan ini untuk menambah penghasilan keluarga.

"Pelatihannya sangat menarik dan bagus sekali untuk saya mencari pengalaman dan ilmu tentang salon," ucapnya.

Setelah pelatihan nantinya, Ibu satu anak ini mengaku akan membuka usaha salon di wilayahnya. Menurutnya prospek salon kecantikan sangat menjanjikan. "Setiap orang yang punya rambut laki-laki ataupun perempuan pasti membutuhkan potong rambut untuk menunjang penampilannya," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yana peserta pelatihan lainnya asal Kelurahan Utan Panjang. Menurutnya pelatihan ini dapat menambah wawasan dan keterampilannya dalam memotong dan mendandani seseorang.

"Pelatihan ini bagus sekali, kebetulan saya senang sekali memotong rambut di keluarga dan jika ada acara saya sering membantu mendandani anak-anak," ungkapnya.

Yana berharap dengan pelatihan ini tidak hanya meningkatkan hobinya tetapi juga dapat menambah income. "Insya Allah kalau ada dananya membuka salon muslimah dan anak-anak," ungkap ibu usia 55 tahun ini.

Tak hanya sekedar melatih keterampilan salon kecantikan, para peserta juga diajari mendesain dan mengelola sosial media untuk pemasaran.