50 PPSU Ikuti Posbindu PTM di RPTRA Gondangdia

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

PPSU Kecamatan Menteng mengikuti Posbindu PTM di RPTRA Gondangdia. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sebanyak 50 Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dari lima kelurahan yang ada di Kecamatan Menteng mengikuti Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Gondangdia, Kelurahan Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (3/11).

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasie Kesra) Kecamatan Menteng Amir Hamzah mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan oleh Kecamatan Menteng bersama puskesmas kecamatan untuk memastikan kesehatan para PPSU.

"Dengan screening PTM ini kita memastikan para petugas sehat dan juga mengedukasi teman-teman PPSU supaya lebih mengerti tentang faktor penyakit tidak menular dan faktor resikonya," kata Amir.

Amir menuturkan, kegiatan posbindu ini telah berlangsung sejak Senin (31/10) lalu dengan kuota perharinya 50 peserta dari Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) yang ada di Kecamatan Menteng.

"Posbindu ini digelar selama empat hari, dan ini hari terakhir, perhari 50 peserta sehingga total kuotanya 200 peserta. Mudah-mudahan tahun depan bisa secara keseluruhan PJLP di-screening," tuturnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Puskesmas Kecamatan Menteng Berlian Situmeang menerangkan, pemeriksaan di posbindu ini meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah, dan gula darah sewaktu.

"Sebenarnya usia produktif ialah 15 tahun keatas diharapkan untuk melakukan screening penyakit tidak menular sekali setahun. jadi harapan kita semua warga di wilayah kita khususnya wilayah Kecamatan Menteng benar-benar memahami pentingnya screening ini," tutupnya.