500 Peserta Ikuti Seleksi dan Latihan Gabungan Paskibraka Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

500 perserta dari seluruh sekolah se-Jakarta Pusat mengikuti seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Foto: Maulana

500 peserta dari seluruh sekolah tingkat menengah atas atau sederajat se-Jakarta Pusat telah mengikuti seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Jakarta Pusat Tahun 2022.

Kepala Seksi Kepemudaan Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Pusat Sri Suskandariah mengatakan, seleksi digelar secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan yang telah berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu lalu di halaman kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

"Seleksi sudah dilakukan dari tanggal 5 dan 6 Maret 2022 kemarin, ada 500 peserta yang mendaftar secara online dari 50 sekolah yang ada di Jakarta Pusat," katanya saat dihubungi, Selasa (8/3).

Nantinya, kata Sri, dari 500 peserta tersebut hanya 200 peserta yang akan mengikuti seleksi lanjutan di tingkat kota pada tanggal 19 dan 20 Maret 2022.

"Dari 500 peserta telah kita lakukan tes kesehatan dan fisik, kita saring menjadi 200 peserta yang akan mengikuti seleksi tingkat kota, dan dari 200 kita akan saring kembali menjadi 54 orang yang akan menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2022," ucapnya.

Menurutnya setelah dilakukan seleksi secara umum di tingkat kecamatan, pada seleksi tingkat kota mendatang para peserta akan dites secara detail. "Kemarin sudah diseleksi secara umum, nanti di tingkat kota akan diseleksi secara detail mulai dari pemeriksaan mata dan tubuh lainnya, tes baris-berbaris, pengetahuan umum, dan kewarganegaraan," ungkapnya.

Sri menjelaskan, seleksi Capaska ini melibatkan tim juri dan instruktur baik dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Administrasi Jakarta Pusat, Palang Merah Indonesia (PMI), Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat, dan unsur terkait lainnya.

"Pastinya kami mencari generasi Paskibraka Tahun 2022 yang terbaik, baik dari sisi tinggi dan berat badan ideal, cerdas, memiliki keterampilan di luar bidang Paskibra, serta bisa masuk ke tingkat nasional," tutupnya.