600 Mahasiswa Ikuti Seleksi Beasiswa Baznas Bazis Jakpus

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Tahap seleksi bantuan biaya beasiswa dari Baznas Bazis Jakarta Pusat Tahun 2022 yang berlangsung di Masjid Al-Fauz. Foto: Rangga Staff Intern

Sebanyak 600 mahasiswa mengikuti seleksi bantuan biaya pendidikan atau beasiswa dari Baznas Bazis Jakarta Pusat Tahun 2022 yang berlangsung di Masjid Al-Fauz, Kompleks Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (11/10).

Admin Penanggung Jawab Seleksi Beasiswa Baznas Bazis Jakarta Pusat Amelia mengatakan, seleksi saat ini telah memasuki tahapan wawancara di mana sebelumnya para peserta telah mengikuti tahapan pendaftaran, dan seleksi pendidikan atau tes tertulis yang berlangsung secara online.

"Pendaftaran sudah sejak 16 September 2022 lalu, dan minggu ini memasuki tes wawancara di mana para peserta di tanya mengenai kesehariannya dan komitmennya setelah menerima beasiswa ini, karena kuota penerima beasiswa tahun ini ada 500 orang," katanya.

Untuk komitmen, lanjutnya, para peserta yang berhasil menerima beasiswa ini harus mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Baznas Bazis. "Setiap orang mendapat beasiswa sebesar 6 juta dan dicairkan bertahap setiap tiga bulan sebesar 1,5 juta yang langsung dikirim ke rekening Bank DKI Syariah masing-masing," ucapnya.

Sementara itu, mahasiswi semester 7 Universitas Indraprasta yang merupakan salah satu peserta seleksi, Ahla Niswa mengaku dapat informasi adanya beasiswa tersebut dari sang kaka yang tahun sebelumnya juga mendapat beasiswa.

Ia pun mengaku senang telah mencapai seleksi wawancara dari beasiswa Baznas Bazis ini karena seleksi dilakukan cukup selektif.

"Ikutan beasiswa ini karena bisa membantu orang tua dan bisa meringankan biaya kuliah. Seleksinya cukup selektif dan memang lebih mendalam mengenai agama, serta menghafal surah. Semoga kedepannya beasiswa ini terus berlangsung sehingga banyak mahasiswa yang terbantu," ujarnya.

Hal senada diungkapkan peserta seleksi lainnya Rizqi Amaliyah, mahasiswi semester 7 Universitas Jakarta yang sejak 2019 mendapat beasiswa ini mengaku beasiswa dan kegiatan pembinaan yang diselenggarakan Baznas Bazis sangat membantunya.

"Saya sejak tahun 2019 mendapat beasiswa ini, dan tahun ini Alhamdulillah terpilih juga, selain mendapat benefit uang juga mendapat pembinaan yang bagus, sehingga mendapat ilmu dan teman baru,"ungkapnya.

Menurutnya, persyaratan yang diminta Baznas Bazis juga cukup mudah untuk dilengkapi. "Persyaratannya cukup mudah bisa diurus di RT-RW dan kelurahan serta kampus. Jadi teman-teman yang baru mengikuti program beasiswa ini harus benar-benar diurus dan dilengkapi persyaratannya dan untuk yang sudah lulus harus rajin datang pembinaan biar bisa lanjut terus beasiswanya," tutupnya.