Adminkesra Minta Kelurahan Tingkatkan Capaian ZIS

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Adminkesra) Setko Jakarta Pusat (Jakpus) M Fahmi. Foto: Dwi Arif

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Adminkesra) Setko Jakarta Pusat (Jakpus) M Fahmi meminta kelurahan meningkatkan capaian Zakat, Infak, Sedekah (ZIS), bagi kelurahan yang capaian masih di bawah 10 persen.

Hal ini diungkapkan, pihaknya saat evaluasi capaian ZIS, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (28/4).

Menurutnya, kelurahan melalui kepala seksi kesejahteraan rakyat harus segera meningkatkan capaian ZIS secepatnya. Sebab, di bulan Juni 2022 nanti konsentrasi akan difokuskan pada Idul Adha, sementara di bulan September-November akan dikonsentrasikan pada Bulan Dana PMI.

"Kalau bisa ini dikejar capaiannya, lebih awal lebih baik. Sabab, ke depan akan ada Idul Adha dan Bulan Dana PMI," ungkapnya.

Selain itu, Fahmi juga mengapresiasi kelurahan yang telah melebihi target pencapaian ZIS, serta kelurahan dengan perolehan ZIS terbanyak dari Januari hingga 27 April 2022 lalu.

Menurutnya, untuk kelurahan yang berhasil mencapai target dalam waktu empat bulan adalah Kelurahan Kampung Bali, dengan perolehan ZIS 122,52 persen. Sementara Kelurahan dengan Capaian ZIS terbesar berikutnya adalah Kelurahan Pasar Baru sebesar 49,30 persen.

Di tempat yang sama, Plt Kordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Subarna mengharapkan, kelurahan lain dapat mencontoh Kelurahan Kampung Bali dalam mensosialisasikan program ZIS Baznas Bazis pada program CSR perusahaan swasta. Hal ini menjadi potensi pendapatan infak dan sedekah untuk program Baznas Bazis kedepannya.