Adminkesra Monitoring Evaluasi Capaian BOP dan BOS

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Adminkesra) Setko Jakarta Pusat M. Fahmi. Foto: Azzahara Magang

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Adminkesra) Setko Jakarta Pusat M. Fahmi melakukan monitoring dan evaluasi capaian Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang disalurkan pada sekolah-sekolah.

Fahmi menjelaskan, BOP merupakan bantuan yang diberikan dari dana APBD DKI Jakarta, sementara BOS merupakan bantuan yang diberikan melalui dana APBN.

Menurutnya, monitoring evaluasi capaian BOP dan BOS ini merupakan Perjanjian Kinerja (Perkin) Wali Kota, yang diturunkan pada Asisten Kesejahteraan Rakyat. “Saat ini capaian BOP dan BOS serapannya sudah 50 persen, Desember mendatang diprediksi 97-98 persen,” ungkapnya.

Terkait hal itu, pihaknya terus melakukan upaya percepatan pada jajaran Sudin Pendidikan Wilayah 1 dan 2 Jakarta Pusat. Menurutnya, percepatan penyerapan BOP dan BOS ini dapat dilakukan jika perencanaan lebih dulu diawal sebelum dana BOP dan BOS turun.

“Arahannya jangan membuat perencanaan nunggu BOP dan BOS ini turun, tapi mereka buat perencanaannya sebelum dana tersebut turun. Jadi setelah turun bisa langsung dikerjakan,” jelasnya.

Fahmi menerangkan, BOP yang diterima sekolah ini bisa digunakan untuk biaya pendidikan, biaya perlengkapan sekolah seperti seragam, sementara BOS bisa digunakan untuk perbaikan sekolah.